Showing posts with label vape. Show all posts
Showing posts with label vape. Show all posts

Thursday, August 17, 2017

Vapor bikin paru - paru basah, masa sih?

Vapor bikin paru - paru basah, masa sih?

Hai salam blogging

Pernah gak sih kalian berpikir tentang perbedaan rokok dengan vape?

atau kalian pernah bertanya langsung kepada orang yang tau tentang vape?

kalau kalian sudah pernah bertanya ataupun mencari taunya sendiri mungkin kalian akan sangat mudah mengerti apa yang akan saya bahas saat ini tentang perbedaan rokok dengan vaper dari yang sangat mendasar hingga yang tidak di ketahui oleh kebanyakan perokok diluar sana.

sebagai contoh perbedaan yang paling mendasar antara rokor dana vape adalah zat yang dihisap oleh vapers ataupun perokok.

Rokok yang kalian hisap akan menghasilkan asap atau zat padat dan gas, sedangkan vape yang dihisap oleh vapers adalah uap atau zat cair dan gas.

Perbedaan mendasar ini lah yang biasanya akan menjadi pertanyaan oleh banyak perokok di dunia ini, setelah mengetahui vape menghasilkan uap maka mereka akan bertanya,
"jika vape menghasilkan uap atau zat cair dan gas maka itu akan mengakibatkan paru - paru basah dong?"

Jika anda di tanya seperti itu apa yang akan anda jawab kepada mereka?

Mungkin dengan polosnya anda akan jawab "secara logika sih gitu mungkin bisa jadi paru - paru kita jadi basah"

dan boom!!! vape akan menjadi bahan olok - olokan di masyarakat karena jawaban seperti itu.

Lalu bagaimana cara menjawabnya? maka dari itu kalian harus baca artikel ini sampai habis, jangan setengah - setengah karena ini adalah ilmu.

1. paru - paru basah hanya karena tenggelam.


Sebagai seorang manusia kita tidak mungkin bisa membanjiri paru - paru kita dengan cara apapun kecuali jika kalian tenggelam.

kecuali jika kalian ingin bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri sendiri di bawah laut maka anda sukses membasahi paru - paru anda sendiri.

So.. kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang berhubungan dengan memasukan cairan kedalam tubuhnya dan membuat paru - paru kemasukan air maka akan di keluarkan kembali dalam bentuk lendir melalui 3 cara.
  • di batukan 
  • di telan
  • melalui lymphatic system (kalau tidak tau cari digoogle aja ya)

2. Liquid tidak mengandung air.


Saya sudah pernah membahas tentang liquid di artikel saya sebelumnya maka untuk lebih mempermudah anda untuk mengerti tentang liquid anda bisa membaca di artikel sebelumnya terlebih dahulu tentang Kandungan Liquid, Aman atau Tidak?

Pada dasarnya liquid terbuat dari 3 bahan utama yaitu Vegetable Gycerin (VG), Propylene Glicol (PG) dan Perisa/Flavours (essense) yang sudah di uji keamanannya oleh FDA dan hasilnya adalah liquid sangat aman untuk di hisap dalam jangka waktu yang lama.

Jika kalian tidak percaya coba kalian gunakan vape dalam jangka 1 hari, jika sudah anda coba maka share pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini untuk membuktikan bahwa artikel ini bukan main - main tentang vape.

3. Menghirup air sudah jadi bagian hidup.


Sebenarnya manusia menhirup lebih banyak uap air di dalam kehidupan sehari - hari, sebagai contoh adalah berenang, mandi, memasak dll.

Saat kalina berenang maka akan sangat bohong jika kalian tidak menghirup air kolam entah itu lewat mulut ataupun hidung walaupun itu tanpa di sengaja sama saja dengan menghirup air yang disengaja bukan sama halnya dengan mandi maka kalian pun akan menghirup air dan banyak lainnya.

dan perlu kalian ketahui bahwa uap yang di hasilkan vape hanya berkadar 40ppm, coba anda bandingkan dengan udara di pegunungan yang dingin dan berkabut menghasilkan kadar uap hingga 100ppm.

kalau memang vape menbuat paru - paru basah maka rumah sakit akan penuh dengan orang yang tinggal di pegunungan bukan?

4. Asap rokok tidak keluar semua.


Jika kalian perokok mungkin kalian tidak menyadari menyadari bahwa asap rokok yang kalian hisap tidak lah keluar sepenuhnya dari tubuh kalian, kenapa? karena asap rokok memiliki sifat zat padat

Sifat zat padat pada rokok membuat asap tidak mudah untuk di keluarkan sepenuhnya dari tubuh kalian mungkin yang keluar dari tubuh kalian sekitar 75% saja, berbeda dengan vape yang mengeluarkan uap airnya sampai 95% maka dari itu vape sangatlah ngebul dibandingkan dengan rokok.

5. Propylene Glycol (PG) mepunyai sifat hygroscopic.


maksudnya adalah Propylene Glycol (PG) bersifat menyerap air yang ada dalam tubuh manusia, dengan begitu seorang vapers akan sangat mudah terkena dehidrasi di karenakan Propylene Glycol (PG) tersebut.

Makanya vapers biasanya akan mudah sekali haus jika sedang ngebul, jadi liquid tidak mungkin membuat manusia terkena paru - paru basah karena sifat dari Propylene Glycol (PG).

jadi jawabannya vaping tidaklah membuat paru - paru kalian basah, vaping juga lebih sehat dari rokok namun vaping tidak membuat tubuh anda lebih sehat.

Oke itu dia pembahasan saya untuk anda para vapers ataupun perokok yang penasaran dengan vape, semoga bermanfaat jangan lupa untuk di share.

terima kasih juga untuk Qorax Stan yang sudah mau membagikan ilmunya kepada vapers di indonesia. bye

Sunday, August 13, 2017

Kandungan liquid, aman atau tidak?

Vape

Hallo salam blogging,

Setelah sekian lama gua gak nongol di blog kesayangan gua yang satu ini karena sibuk kerja dan semacamnya, akhirnya di bulan kelahiran gua ini blog gua akan kembali berkarya untuk kalian semua hehe,

Sebelumnya gua mau sedikit cerita, akhir - akhir ini sedang ramai masalah rokok elektrik atau yang biasa kita kenal dengan nama vape yang banyak di gandrungi oleh anak muda indonesia dan salah satunya itu adalah gua sendiri.

Gua kenal vape sudah sekitar 3 bulan, masih belum lama sih, awal mula gua kenal dengan dunia vape karena waktu itu temen gua bawa vape di depan gua dan kelihatannya asik apalagi wangi asap yang keluar dari mulutnya, akhirnya gua cobain dah tuh vape dan sampai sekarang gua suka sama vape.

Namun mirisnya ternyata eh ternyata masih banyak orang indonesia yang tidak menyukai vape karena ketidak tahuan mereka termasuk keluarga gua sendiri, khususnya kakak gua.

kenapa mereka tidak menyukai vape? karena mereka beranggapan liquid dari vape itu berbahaya untuk tubuh gua, ya jadi wajar sih mereka tidak suka karena alasan mereka memang baik buat gua dan ketidak tahuan mereka akan liquid itu yang membuat mereka tidak menyukai vape.

Mungkin kalian yang sedang membaca artikel ini pun sama dengan keluarga gua, maka dari itu gua akan sedikit share ke kalian tentang vape khususnya liquid, agar kalian tahu bahwa vape tidaklah berbahaya seperti yang kalian bayangkan selama ini, check it out.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang liquid kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu Liquid?
Liquid atau e-juice adalah cairan yang akan diproses oleh personal vaporizer/vape menjadi uap lalu di hirup seperti layaknya rokok namun cairan liquid ini tidaklah mengandung racun seperti rokok yang kalian kenal.

nah liquid ini penting banget untuk para vaper karena kalo gak ada liquid kalian gak bisa ngebul bro, yang ada kalian malah mati gaya duduk dipojokan sambil bengong.

Lalu apa saja bahan yang digunakan pada liquid?
ada beberapa bahan yang digunakan untuk liquid, seperti Vegetable Glycerin (VG), Propylene Glycol (PG), Perisa (essense) atau Flavours dan nikotin (yang ini bersifat optional atau bebas kalian mau pake atau engga)
oke kita bahas satu - satu biar lebih jelas dan kalian harus baca sampai habis biar gak salah paham lagi.


1. Vegetable Glycerin (VG)

 

VG adalah campuran liquid yang terbuat dari minyak tumbuhan so pasti aman 100% untuk di hisap bahkan diminum pun insya allah aman karena memang VG ini banyak digunakan untuk campuran pada bumbu masakan cair seperti kecap.

Kenapa liquid dibuat dari VG? jawabannya simple, VG digunakan untuk vapor agar menghasilkan uap yang tebal, mungkin untuk sebagian orang yang suka dengan asap banyak mereka akan mencari jenis liquid dengan kandungan 100% VG.


2. Propylene Glycol (PG)

 

PG adalah bahan organik yang dibuat di laboratorium, yang telah disetujui untuk beberapa hal oleh FDA (Food and Drug Administration) salah satu organisasi ketat dalam pemberian ijin di amerika serikat.

PG digunakan di berbagai hal seperti mesin pembuat asap, kosmetik, pharmasi dan banyak lagi produk yang bahkan kita gunakan setiap harinya.

nah dalam dunia vape sendiri PG digunakan agar memberikan throat hit atau sensasi ditenggorokan seperti layaknya merokok biasa, Pg tidaklah memiliki rasa, bau ataupun warna dan PG telah di uji keamanannya untuk digunakan dalam campuran liquid.

Simplenya sih PG itu digunakan untuk mengikat rasa ke si VGnya itu tadi, ya kalau kalian cuma pake VG dan Perasa ya gak bakalan nyampur sama sekali.


3. Perisa/Flavours (essense)

 

Nah yang membuat rokok elektrik itu menarik adalah di bahan perisa yang satu ini, sebab dengan menggunakan perisa maka munculah berbagai rasa yang terkandung di liquid seperti strawberry, coklat dan banyak lainnya.

Meskipun perisa ini terdapat di berbagai merek tapi pada dasarnya perisa ini berstatus food grade yang aman untuk dikonsumsi manusia.

bukan ngevape namanya jika yang kalian gunakan hanya PG dan VG tanpa rasa, hambar gitu aja kan gak asik bukan, hehe


4. Nikotin

 

Seperti yang saya bilang di awal nikotin ini bersifat optional, kalian bisa pake jika kalian mau atau jika tidak maupun kalian bisa buat yang 0mg nikotin artinya jangan pake nikotin sama sekali, banyak juga kok yang suka dengan liquid tanpa nikotin seperti saya ini lah.

Banyak persepsi bahwa nikotin adalah biang masalah dari munculnya kanker pada manusia, namun menurut saya ini tidaklah benar, karena pada dasarnya nikotin dapat di temuka di alam seperti tembakau, paprika tomat dan banyak lagi yang lainnya.

Memang nikotin dapat menyebabkan adiksi, karena memiliki karakteristik stimulant seperti kafein namun, bukan merupakan carcinogen atau penyebab kanker pada manusia.

Lagipula menurut pengalaman pribadi gua sendiri nikotin yang terdapat pada vape dan rokok itu beda jauh, nikotin pada vape itu tidak menyebabkan ketagihan sama sekali beda dengan roko yang bikin nagih, bahkan ada beberapa orang yang gak bisa gak ngerokok setelah mereka makan, dengan alasan "Asem"

intinya sih 3 bahan di atas adalah bahan utama dari liquid jadi pasti aman untuk kalian hirup jadi jangan beranggapan kalau vape itu tidak aman lagi oke.

oke gua pamit, dan thanks untuk kalian yang sudah mau membaca artikel ini semoga menjadi ilmu untuk kalian dan jangan lupa untuk di share agar vape menjadi penyelamat para candu rokok di indonesia.